PAN Minta Pimpinan DPR Ditambah Lagi, Ini Alasannya

ZonaSatu.com – Proses pembahasan revisi UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD atau MD3 akan disahkan dalam rapat paripurna pembukaan masa sidang III, yang akan digelar hari ini. Dengan adanya revisi tersebut, berarti pimpinan DPR RI akan bertambah dari lima orang menjadi enam orang.

Sekretaris Fraksi PAN DPR Yandri Susanto yakin tidak akan ada masalah dengan penambahan tersebut. Yandri malah yakin penambahan pimpinan akan mengatasi masalah rapat paripurna yang selama ini sering ditunda karena pimpinan rapat tidak lengkap. Sebab, dalam peraturan, rapat paripurna baru bisa digelar bila ada dua pimpinan atau lebih.

“Beberapa kali kan rapat paripurna diundur gara-gara pimpinan DPR tidak lebih dari dua. Sementara MD3 menyatakan minimal dua orang harus memimpin rapat. Itu karena terlalu banyak tugas mereka (pimpinan DPR), baik sebagai pimpinan DPR, tugas mereka di luar sebagai anggota parlemen, maupun tugas sebagai petinggi partai. Itu artinya memang perlu penambahan jumlah pimpinan DPR,” kata Yandri saat ditemui di gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/1/2017).

Terkait bidang yang akan diemban oleh pimpinan baru, Yandri mengatakan hal tersebut masih dalam pembahasan. Masih ada beberapa proses yang harus dilalui sebelum bisa diputuskan bidang apa yang akan diemban oleh pimpinan baru tersebut.

“Itu masih wacana ya, karena nanti setelah diputuskan di DPR, atas usul Baleg itu nanti kan dimatangkan lagi. Pembidangan bagaimana, tugasnya apa, kemudian siapa yang mengisi, itu kan nanti minta nama dari fraksi yang bersangkutan (PDIP),” ujar Yandri.

Lebih lanjut, Yandri mengatakan, Fraksi PAN tidak mau para pimpinan DPR terpaku pada pembidangan masing-masing pimpinan. Sebab, dalam pengambilan keputusan, pimpinan DPR harus kolektif kolegial. Yandri berharap, adanya penambahan pimpinan akan meningkatkan kinerja DPR yang akan datang.

“Jadi, kalau ada pembidangan baru, kami berharap itu tidak mengganggu yang sudah ada. Justru kami ingin meningkatkan kinerja yang akan datang,” tutupnya.

7

Comments

Silakan Komentar