Ulil: Ahok Sosok Berbahaya, Perusak Hubungan Sosial dan Keumatan

ZonaSatu.com – Politisi Partai Demokrat, Ulil Abshar Abdalla menyebut bahwa Basuki Tjahja Purnama (Ahok) adalah sosok yang “too dangerous to our social fabric”.

“Tadi siang saya ngetwit bhw Ahok ini “too dangerous to our social fabric.” Saya serius dg twit itu. Tidak main2,” kata dia di akun Twitter miliknya ‏@ulil, Kamis malam (2/2).

Soal kasus penodaan agama yang didakwakan kepada calon gubenur petahana itu, Ulil tidak tidak sependapat.

“Sejak awal hingga sekarang, sikap saya jelas, tanpa tedeng aling2: saya tak anggap Ahok melecehkan agama. Ini sikap saya.,” twitt tokoh Islam liberal ini.

Tapi, jelas dia, bukan berarti Ahok tidak melakukan kesalahan. Ahok telah melakukan blunder politik yang bodoh dengan pernyataan-pernyataannya yang kurang perlu soal Al-Maidah 51.

Sekarang, Ahok melakukan blunder lagi dengan memproduksi kesalahan yang bikin marah segmen umat yang penting, yaitu NU.

“Saya tahu tak semua warga NU marah dg perlakuan Ahok atas Kiai Maruf. Tapi yg marah, harus diakui, banyak jg. Jangan “denial” dong. Kalau pengurus pusat GP Ansor mengeluarkan pernyataan keras untuk bela Kiai Maruf, ini sudah “wake up call”. Ahok “crossing the line”,” imbuh Ulil.

Blunder-blunder Ahok ini menegaskan satu hal, Ahok tidak sensitif terhadap konteks sosial. Insensitivitas dia kata Ulil bisa bahayakan huhungan-hubungan keumatan.

“Merawat harmoni sosial itu susah. Dan tampaknya Ahok “took this too lightly”. Dia hanya mau jalan dg ego dan arogansinya sendiri,” ujar Ulil. [RMOL]

232

Comments

Silakan Komentar