Ayahnya Ngamuk, Tak Terima Yana Zein Dimakamkan Secara Kristen

Zonasatu.com – Meninggalnya Yana Zein ternyata menimbulkan keributan di kalangan orangtuanya. Ayah Yana, Nurzaman Zein, tak terima ketika mendengar putrinya dimakamkan secara Kristen.

Nurzaman menganggap Yana masih memeluk agama Islam dan wafat secara khusnul khotimah. “Dia wafat di bulan Ramadhan. Dia wafat dengan khusnul khotimah,” seru Nurzaman.

Saat berada di halaman rumah duka, Nurzaman sempat berdebat dengan ibunda Yana, Swetlana Zein. Wanita asal Rusia itu heran ketika Nurzaman datang dan membahas soal masalah agama. Swetlana juga mengaku selama ini Nurzaman tak pernah mengurus Yana ataupun cucu-cucunya.

“Saya kan ibunya Yana. Saya punya bukti, KTPnya Kristen. Ini nanti rancu, Kristen gak terima, Muslim gak terima, kemana anak saya pergi nanti,” kata Swetlana kebingungan.

“Waktu sakit keras Yana tolong kalau ada apa-apa saya mau dikuburkan dengan (secara) kristen. Agama semua sama, saya kira berhak memilih. Yana ada tandatangan sendiri kalau dia jadi Kristen.”

Swetlana sempat pula mengungkap kalau Nurzamana selama ini tak peduli padanya dan Yana. “Anda (Nurzaman) nggak pernah urus anaknya. Nggak pernah. Papa tidak boleh berbohong.”

Mendengar tuduhan itu, Nurzaman emosi dan balik menuding Swetlana berbohong. “Saya tidak berbohong, kamu yang berbohong, saya ada bukti Yana masuk Islam,” kata Nurzaman.

Saat diwawancara terpisah, Swetlana mengaku kalau ia dan Nurzaman menikah di Moskow. Namun setelah Yana beranjak remaja, Nurzaman dan Swetlana berpisah.

“Bapak Nurzaman ini menikah dengan saya di Moscow dan tidak diributkan masalah agama, setiap manusia pilihan hati atau Islam apa Kristen. Sejak Yana pas kelas 1 SMP sudah ditinggalkan. Jadi papa tinggalkan kami sekian lama, tidak mengirim satu sen pun,” terang Swetlana.

421

Comments

Silakan Komentar